Selasa, 15 Maret 2016



BIODATA SAYA



Nama saya Muhammad Iip Wijayanto El-Bankuli. Saya dilahirkan di Bengkulu pada tanggal 16-02-1979. Tanggal dan bulan yang sama dengan Buya Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka). Saya seorang muslim, dan dilahirkan dari keluarga yang Islam seluruhnya. Di tengah-tengah maraknya khilafiah antar manhaj, madzhab, ormas dan aliran dalam Islam akhir-akhir ini...saya sering ditanya, memihak yang mana?

Saya jawab, Agama saya Islam, manhaj ahlussunnah wal jama'ah (Islam Sunni), madzhab fiqh saya Syafi'ie (Imam Syafi'ie) tapi pandangan-pandangan fiqh saya juga merujuk kepada Imam Maliki, juga dipengaruhi Madzhab Hanafi dan kadang-kadang mengambil referensi dari madzhab Hambali...meski karena pendapat saya dalam menyikapi tahlilan, sholawatan, kenduren dan yasinan agak condong kepada ulama-ulama di Saudi seperti Syaikh bin baz, Syaikh Sholeh Utsaimin dll...sy juga sering dicurigai wahabbi meski saya tidak pernah merasa demikian. 

Saya tidak ber-ormas, alias MuhammadiNU...kadang pro-Muhammadiyah, kadang juga pro-NU. Sehingga yang Muhammadiyah sering curiga jika saya NU dan sebaliknya yang NU juga curiga jika saya Muhammadiyah. Saya pernah ditolak menjadi khotib sholat id di wilayah kalasan oleh PHBI, hanya karena saya sering memakai sarung...meski saya bilang KH.Ahmad Dahlan (Pendiri Muhammadiyah) juga selalu memakai sarung. Saya juga pernah ditolak jadi khotib sholat jum'at di sebuah Masjid sebelah kampung saya, hanya karena saya tidak melafazkan Sayyidina ketika membaca sholawat dalam khutbah. Saya juga sangat mencintai ahlul bait Nabi SAW. Dan tidak suka menyerang syi'ah...seperti yang lagi ngetrend saat ini.

Saya Pro-Poligami dan juga menolak keras LGBT. Karena menolak keras LGBT, saya ditolak mengajar oleh beberapa kampus yang pro-LGBT. Saya juga cukup dibenci oleh kaum feminis karena mendukung poligami...meski saya hanya ingin meletakkan poligami itu pada konteksnya. Dijalankan karena niat ibadah, didukung ilmu. Bukan karena syahwat semata serta kemampuan finansial, seperti yang juga lagi nge-trend dilakukan saat ini. Juga karena menolak keras LGBT, profil saya ditolak oleh sebuah situs ensiklopedi

Oh iya...yang paling penting, nama saya Iip. Terlahir dengan nama Muhammad Iip Wijayanto. Di akte kelahiran tertulis: Iip Wijayanto. Nama itu asli pemberian ayah saya, H.Asmawi Hamzah bin H.Amir Hamzah bin Syaikh.H.Abdurrauf. Jama'ah dan santri-santri saya sering memanggil saya Ustadz Iip. Iip itu ayah saya ambilkan dari nama sekolah beliau, IIP (Institut Ilmu Pemerintahan). 

Meski di belakang nama saya ada "Wijayanto", saya bukan ustadz yang terkenal dan sering muncul di televisi itu yang kebetulan namanya mirip dengan nama belakang saya. Ini butuh saya sampaikan karena banyak yang kecewa, karena ingin mengenal ustadz kondang...malah kenalnya dengan saya yang bukan siapa-siapa ini. Saya biasa-biasa saja...dan tidak terkenal. Mungkin bagi teman-teman pembaca yg ingin mengakses pemikiran ustadz yang terkenal dan kebetulan nama belakangnya sama dengan saya, bisa membaca situs beliau. Walaupun di Indonesia yang tercinta ini, mungkin lebih dari 30.000 orang yang juga memiliki nama wijayantonya...mulai dari ustadz, artis, PNS, atlit, guru, seniman dan seterusnya. Saya hanya tidak ingin membuat orang kecewa...meski sejujurnya saya agak menyesal juga diberi nama Wijayanto karena nama belakang ini sangat menyusahkan saya...karena banyak sekali muballigh yang bernama seperti ini

Ini perlu saya sampaikan, karena di berbagai majlis ta'lim yang saya datangi. Jama'ah sering kecewa...karena berharap mendapatkan taushiah dari ustadz terkenal, yang datang justru ustadz yang tidak dikenal...

Buku terbaru saya berjudul "Ustadz Iip Menjawab (Kumpulan jawaban fiqh modern)", terbit pada tahun 2014 lalu. Pendidikan Islam saya dapatkan di Ma’had Syaikh Prof.Sulaiman At-Taja’ir Mekkah Al-Mukarromah Saudi. Tahun 2015 lalu, saya kembali bisa berjumpa Syaikh Sulaiman dan mengikuti ta'lim beliau di Masjidil Harom...sambil membimbing ibadah umrah. Alhamdulillah beliau masih sehat dan semoga selalu begitu

Kontak alamat dan akun media sosial saya:
E-mail Saya                : iipwijayanto@yahoo.com
face-book                    : iipwijayanto
twitter                         : @ustadz_iipw

telp                              : 08112631874

Demikian perkenalan dari saya, semoga sedikit ilmu saya ini bisa ikut memberi manfaat. Wallahu A'lamu






Muhammad Iip Wijayanto



Tidak ada komentar:

Posting Komentar